Sunday, February 26, 2012

Cara mengkonversi panjang / jarak

Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh..
Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah satuan panjang ataupun jarak. Sejak di bangku sekolah kita sudah diajarkan tentang beberapa satuan panjang yang sering digunakan dalam kehidupan sehari - hari. Beberapa satuan panjang yang sudah tidak asing lagi, dan sering kita gunakan adalah : meter (m), gram (g), inchi. 

Tetapi ada juga beberapa satuan panjang yang jarang digunakan di Indonesia, tetapi umum digunakan di negara lain, contohnya : Feet, yard, dll. Di negara lain mereka biasa menghitung tinggi badan seseorang dengan menggunakan satuan feet, bukan menggunakan satuan meter seperti yang biasa kita temui di Indonesia.

Mungkin kita akan sedikit bingung jika ditanya, berapakah tinggi kita dalam satuan feet? Tenang saja, karena ada situs yang khusus membahas tentang satuan jarak / satuan panjang. Di situs ini kita bisa belajar dan mengetahui tentang seluk beluk satuan panjang yang pernah diciptakan oleh manusia. Dan asyiknya lagi situs ini berbahasa indonesia yang dibuat oleh anak - anak indonesia, jadi kita bisa lebih mudah memahaminya tanpa ada alasan tentang keterbatasan memahami bahasa asing. Kawan - kawan bisa langsung mengunjungi situsnya, klik aja link ini:  
 http://www.pengukuran.com/index.php?page=45

Kemudian kawan-kawan akan melihat halaman web seperti gambar di bawah ini: 


Pada contoh ini saya akan mengkonversi tinggi badan saya (165 cm) ke dalam satuan feet. 

Langkah-langkah mengkonversi satuan:
1. Pertama-tama masukan nilai / angka yang akan dikonversi. Pada contoh ini saya masukan angka 165
2. Kemudian pada kolom "Dari:", centang pilihan "centimeter".
3. Kemudian pada kolom "ke:", centang pilihan "feet" seperti pada gambar di  atas.
4. Dan yang terakhir, klik tombol "Lakukan Konversi" maka akan ditampilkan hasil konversi dari angka  yang sudah kita masukan tadi.
Seperti gambar di atas, hasil konversi yang ditampilkan adalah : 165 Centimeter = 5.41365 Feet (titik di belakang angka 5 dibaca 'koma').

Ok, cukup sekian dulu, kapan-kapan kita jumpa lagi. Thanks sudah mau  meluangkan waktu untuk mampir.
Good Luck.. 

Wassalam..

No comments:

Post a Comment

Komentar kawan2 membuktikan bahwa kawan2 masih eksis.
Thanks atas commen-nya...